Chat with us,powered by LiveChat

Blog

Latest Industry News

Tips Modifikasi Velg dan Ban Honda Brio

  • Uncategorized
  • Komentar Dinonaktifkan pada Tips Modifikasi Velg dan Ban Honda Brio

Moodifikasi velg – Honda brio adalah salah satu tipe mobil yang sangat mudah untuk memodifikasi velg dan bannya. Salah satu velg mobil yang dapat membuat Brio semakin sporty adalah velg aftermarket. Tidak perlu melakukan perawatan ekstra untuk memodifikasi velg mobil sangat mudah bukan.

Baca Juga : Ciri Velg Mobil Bermasalah

honda brioApalagi velg mobil yang lebih ringan mampu meningkatkan efesiensi bahan bakar dan performa mobil kamu. Itu di karenakan kerja mesin mobil menjadi lebih berkurang. Tidak hanya velg mobil ban yang mempunyai tapak yang lebih lebar juga mampu memberikan handling yang lebih stabil dan mantap. Akan tetapi kamu jangan salah memilih velg di karenakan dapat menurunkan performa mobil kamu dan dapat membahayakan kamu di saat berkendara. Kami akan mengulas sedikit panduan mengganti velg mobil brio, Berikut tipsnya :

Plus Sizing

Plus Sizing adalah rule of thumb yang di gunakan untuk memodifikasi velg dan ban mobil. Yaitu hitungan yang membuat diameter velg + ban mobil yang baru tidak jauh bereda dengan diameter velg ban sebelumnya ( Original )

Plus One

berikut pengertian dari plus one :
jari-jari velg naik 1 inch
Tebal ban turun 10 %
Lebar tapak ban naik 10 mm

Plus Two

Pengertian dari plus two :
Tebal ban turun 20%
Lebar tapak ban naik 20 mm
Jari-jari velg naik 2 inchi
Dari aturan plus sizing diatas merupakan sebuah acuan dan bukan sesuatu yang baku atau harus di ikuti jadi kamu boleh saja berexperimen pada kendaraan kamu.

Ukuran Ban

Untuk mengetahui ukuran ban memang sangatlah mudah misalkan untuk ukuran ban bawaan dari Honda Brio adalah 175/65 R14, yang artinya, jari-jari velg berukuran 14 inchi, tebal ban 65% dan lebar tapak ban 175 mm.

Lebar Velg, Backspacing dan Offset
Sebuah ukuran velg adalah kombinasi dari angka jari-jari dan lebar velg, contoh 14 x5 berarti velg mobil tersebut adalah velg mobil dengan ukuran jari jari 14 inchi dan lebar velg 5 inchi. Ban dan velg mobl dapat bekerja dengan optimal apabila ukuran lebar velg 70% – 100% dar ukuran lebar ban.

Berikut ini merupakan standarisasi lebar velg dan lebar ban mobil

Ukuran Ban 175/75R14, lebar velg 5.0″
Ukuran Ban 195/75R15, lebar velg 5.5″
Ukuran Ban 215/75R15, lebar velg 6.0″
Ukuran Ban 235/75R15, lebar velg 6.5″
Ukuran Ban 225/75R15, lebar velg 6.0″
Ukuran Ban 225/70R15, lebar velg 6.5″
Ukuran Ban 225/65R16, lebar velg 6.5″
Ukuran Ban 225/60R15, lebar velg 6.5″
Ukuran Ban 225/55R15, lebar velg 7.0″
Ukuran Ban 225/50R15, lebar velg 7.0″
Ukuran Ban 225/45R17, lebar velg 7.5″
Ukuran Ban 225/40R18, lebar velg 8.0″

Offset adalah jarak antara garis tengah velg dengan mounting velg ( lubang baut velg ). Sedangkan Positive offset adalah mounting velg berada di depan garis tengah velg, hal ini mengakibatkan ban mobil kita masuk lebih kedalam fender.

Sebaliknya apabila velg memiliki offset negatif artinya ban akan nongol keluar fender.
Backspacing – Backspacing merupakan ruang yang menjadi jarak antara ban dan suspensi mobil. maka dari itu apabila kamu memilih lebar vel atau ban ada baiknya cek terlebih dahulu backspacing yang di miliki honda brio. Sehingga pada saat stir kamu belik patah ban tidak menggesek sisitem suspensi kendaraan.

Pola Baut Velg

Ukuran pola baut 4×100, Artinya velg mobil tesebeut menggunakan baut 4 dan Ukuran PCD ( Pitch Circle Diameter) adalah 100mm. Apaitu PCD, PCD adalaha jarak antara lubang baut pada velg melalui titik pusat velg.

Baca Juga : Daftar Ukuran PCD Velg Mobil

Itulah Tips Menggati Velg dan Ban Honda Brio Dengan Aman dan Nyaman persi Streetrace, semoga artikel ini dapat bermanpaat untuk anda semua khusus nya yang mau menggati velg honda brio ke ukuran yang lebih tinggi lagi, saran dari saya utamakan kenyaman dan keselamatan mobil anda semua

Back to top