Chat with us,powered by LiveChat

Blog

Latest Industry News

Tips Mengganti Ban Mobil Bocor Dengan Benar

  • ban mobil
  • Komentar Dinonaktifkan pada Tips Mengganti Ban Mobil Bocor Dengan Benar

Hallo otomatif mania, apakabar hari ini semoga baik ya. Kembali lagi dengan otomax news tempat tips dan cara untuk kendaraan kamu terutama mobil, yuk kita mulai kali ini kami akan membahas tentang cara mengganti ban mobil dengan benar semoga bermanfaat ya

baca juga : Cara Merawat Ban Mobil Dengan Tepat

Nah apabila ban mobil kamu sekalian bocor atau kempes disaat tidak terduga, kamu tentunya harus bisa melepas ban mobil dan menggantinya sendiri, terutama jika tidak ada bengkel terdekat. Yuk kita kupas berikut langkah-langkah mengganti ban mobil sendiri yang harus diketahui setiap pengendara!

mengganti ban bocor1. Menepikan Kendaraan ke Bagian Jalan yang Aman
Pertama yang harus di lakukan oleh kamu untuk mengganti ban mobil disaat terjadi bocor ban yaitu menepikan kendaraan kamu ke tepi jalan. Harus di ingat ya tepikan kendaraan kamu secara pelan pelan agar tidak mengganggu kendaraan lain. sebisa mungkin tepikan kendaraan kamu di tepi jalan yang cukup lapang dan permukaan jalan nya keras, Sehingga memudahkan kamu untuk melakukan penggantian ban mobil.

2. Lampu Hazard, Rem Tangan, dan Segitiga Pengaman
kemudian kamu jangan lupa untuk menyalakan lampu Hazard untuk memberi tanda bahwa kendaraan kamu sedang bermasalah. Sehingga pengendara lainnya mengetahui kenapa kamu menepi secara tiba tiba. Setelah itu aktifkan rem tangan dan pasang segitiga pengaman yang berjarak beberapa meter di belakang mobil kamu. Apabila kamu sedang berada di tanjakan maupun turununan bisa juga kamu menggunakan batu atau kayu untuk mengganjal ban mobil kamu.

3. Menyiapkan Peralatan atau tool kit yang dibutuhkan
Ketika kamu memutuskan untuk mengendarai kendaraan sendiri pastikan kamu membawa tool kit otomotif di dalam mobil kamu ya. Seperti kunci roda, obeng, dan dongkrak mobil itu sangat penting dan jangan lupa ban serep. Simpan semua perlengkapan di bagian belakang mobil atau di tempat yang mudah terjangkau.

mengganti ban bocor4. Bukalah Penutup Lubang Baut
Bukalah penutup lubang baut velg mobil kamu jika ada, kamu bisa mencongkel penutup baut dengan obeng. Kemudian Longgarkan baut velg mobil kamu dengan kunci roda, Putar baut dengan arah berlawanan jarum jam. Jangan lupa lakukan pelonggoran baud dengan cara silang atau bersebrangan, untuk sementara jangan terlalu longgar dan jangan sampai lepas.

5. Pasang Dongkrak Mobil di Dekat Ban Mobil yang Akan diganti
Setelah kamu melakukan pelonggaran baud, kemudian pasang dongkrak mobil di dekat roda yang akan di tukar atau ganti. Pilih bagian yang memiliki cekung atau titik tempat meletakan dongkrak. Biasanya semua kendaraan atau mobil memiliki titik dongkrak ini.

Harus dipastikan posisi dongkrak tegak lurus dengan tanah dan mobil agar tidak terlepas atau miring. Mulai mendongkrak atau mengangkat ban hingga posisi ban tersebut mudah untuk diganti. apabila dongkrak terlihat miring, turunkan dan coba untuk mengulangi untuk memperbaiki posisi dongkrak mobil kamu.

6. Buka Baut Sampai Lepas Semua dari velg mobil
Setelah posisi ban mobil kamu terasa mudah untuk di ganti dan ban terangkat, bukalah baut yang tadi sebatas dilonggarkan sampai terlepas semua. jangan lupa untuk simpan baut-baut tersebut di tempat yang aman agar tidak hilang. Lepaskan ban dari tempat nya dan simpan ban pada posisi tidur. Ingat jangan pernah meletakan ban pada posisi berdiri.

7. Ambil Ban Serep
Ambilah ban serep yang telah disiapkan, Kemudian pasang dengan posisi yang tepat. Dengan sedikit di goyangkan agar ban masuk pada posisi yang benar – benar pas. Setelah yakin posisi ban pas pasang kembali baut-baut dengan cara seperti di jelaskan di atas yaitu bersebrangan. Jangan dulu di kencangkan ya cukup pasang pada posisi nya saja

8. Turunkan Dongkrak Perlahan
Kemudian turunkan dongkrak secara perlahan sampai ban mobil kamu menyentuh tanah secara keseluruhan. Lepaskan dongkrak dari tempatnya kemudian kencangkan baut dengan pola menyilang. Kamu harus pastikan bahwa baut-baut tersebut sudah terpasang kencang dan kuat.Apabila kurang begitu yakin, kencangkanlah baut dengan menggunakan kaki.

9. Simpan Semua Peralatan dalam Mobil
Apabila sudah selesai maka simpan kembali alat alat seperti kunci roda ban mobil dan perlengkapan lain kedalam mobil kamu. dan jangan lupa untuk menambal ban yang bocor tadi agar bisa digunakan kembali.

Demikian tips mengganti ban mobil bocor sendiri, mudahkan semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu kamu ya

Back to top