Chat with us,powered by LiveChat
Download aplikasi×

Blog

Latest Industry News

Tips Memilih Velg Mobil Ring 15 Yang Tepat

  • Velg mobil ring 15
  • Komentar Dinonaktifkan pada Tips Memilih Velg Mobil Ring 15 Yang Tepat

Velg mobil ring15- Mengganti velg standar bawaan  mobil anda dengan velg racing merupakan salah satu kegiatan yang umum dilakukan oleh para pecinta otomotif. Nah untuk memilih velg mobil terbaik memang harus lebih cermat dan teliti, karena velg merupakan bagian dari roda mobil yang berfungsi sebagai tumpuan ban mobil yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan. Memodifikasi velg ini memang bisa membuat mobil anda seakan memiliki wajah baru dan tampilan yang lebih sporty.

Velg mobil ring 15

Velg mobil ring 15

Pemilihan velg mobil pun tidak bisa sembarangan, karena jika salah perhitungan dapat membuat mobil tidak nyaman untuk dikendarai. Selain itu, efek lainnya adalah boros BBM, merusak kaki-kaki, bahkan dapat menyebabkan kecelakaan. Jenis velg yang beredar saat ini pun semakin banyak, untuk itu sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada mobil kesayangan anda.

Nah disini saya akan memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan dalam mengganti velg mobil standar anda dengan produk aftermarket berikut ini.

Tips memilih velg mobil ring 15 terbaik 2019

 

Cermati Spesifikasi Velg

 

Pada setiap mobil pasti memiliki velg dengan ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) yang berbeda-beda. Nah ukuran PCD pada velg ini ditentukan berdasarkan jarak antara lubang baut yang satu dengan yang lainnya. Biasanya setiap velg akan terlihat spesifikasi PCDnya masing-masing. Salah satu contohnya adalah jika pada velg tertulis 4×110 dapat diartikan bahwa velg tersebut memiliki 4 lubang baut dengan ukuran PCD 110 mm.

Selain PCD, yang harus diperhatikan juga adalah offset. Offset ini merupakan ukuran keluar masuknya sebuah velg dari fender atau spatbor mobil. Offset diukur dari jarak antara bagian dalam tengah velg sampai dengan permukaan dudukan (mounting) velg pada kaki-kaki mobil. Offset dipengaruhi oleh ketebalan lingkaran tengah pada bagian dalam velg yang akan bersinggungan dengan permukaan mounting velg mobil. Jika semakin kecil nilai offset maka bibir luar velg akan semakin keluar dari fender, dan sebaliknya jika semakin besar nilai offset maka bagian depan velg akan semakin masuk ke dalam fender.

Velg juga memiliki diameter dan lebar yang harus sobat cermati juga, karena di setiap mobil pasti memiliki ukuran velg maksimal yang berbeda. Disini pentingnya jika anda akan mengganti velg sebelumnya dengan velg diameter lebih besar harus diperhatikan, jangan sampai lebih dari batas maksimal. Peningkatan ukuran velg yang dipilih sebaiknya masih pada kisaran yang dapat ditoleransi sebanyak 3 tahap atau up size +3. Lebar velg  harus mensesuaikan  dengan batas maksimal mobil anda.

 

Material Velg

 

Velg standar atau bawaan mobil anda biasa nya terbuat dari material logam berat atau baja. Hal ini membuat velg standar memiliki bobot yang lumayan berat. Para pecinta modifikasi akan beralih pada velg aftermarket, karena berat dari velg ini lebih ringan dibandingkan dengan velg standar. Bobot yang ringan ini disebabkan oleh penggunaan material dari jenis logam ringan seperti billet steel, forged alloy atau magnesium.

Dengan menggunakan velg aftermarket yang lebih ringan, akan mengurangi bobot keseluruhan mobil. Tidak hanya ringan, tapi velg yang dipilih juga harus berkualitas agar tidak mengesampingkan daya tahan velg itu sendiri. Dengan kaki yang lebih ringan secara otomatis akan mengurangi beban kerja mesin. Beban kerja mesin yang ringan akan mengurangi konsumsi bahan bakar. Merk velg aftermarket yang  sudah beredar di pasaran sudah banyak sekali seperti Enkei, Speedline, TRD, Mugen, dan Weld Racing yang tersedia mulai dari ukuran 14 hingga 19 inch dengan harga yang bervariasi.

 

Model Velg Ring 15

 

Untuk modifikasi velg mobil anda salah satu hal yang paling  biasanya menjadi pertimbangan para pecinta otomotif adalah model dari velg itu sendiri. Model velg akan mencerminkan perubahan tampilan dan meningkatkan keanggunan serta gaya sebuah mobil. Pemilihan model velg ini sebaiknya sesuai dengan kebutuhan dan selera anda. Untuk mobil touring, sporty, off road, atau elegance memiliki model velg yang berbeda-beda.

 

velg palang dan velg ngeblok

 

Model velg aftermarket yang sekarang tersedia di pasaran terdiri dari dua bentuk, yaitu palang dan ngeblok. Kedua jenis velg tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk model ngeblok biasanya lebih tahan lama, karena modelnya hadir dalam bentuk utuh. Namun, model ini memiliki bobot yang lebih berat dengan motif yang lebih terbatas. Sedangkan untuk bentuk palang memiliki bobot yang lebih ringan dan mudah dibersihkan. Bobot yang lebih ringan tentu saja mendukung kinerja mesin dan mobil bisa berakselerasi dengan baik.

 

Harga Velg

 

Velg aftermarket memiliki harga yang bervariasi tergantung pada merk dan ukuran ring dari velg. Velg dengan ring 15 dan 16 dibanderol pada kisaran harga 3,7 hingga 4,7 juta rupiah, velg ring 17 dan 18 pada kisaran harga 4,5 hingga 6,5 juta rupiah, velg ring 19 dibanderol pada kisaran harga 8,5 sampai 9,5 juta rupiah, dan velg ring 20 dan 22 dibanderol pada kisaran harga 10 hingga 16 juta rupiah.

Nah demikianlah beberapa tips yang dapat Camargus bagikan untuk sobat otomotif. Jangan lupa terapkan tips diatas sebelum sobat menentukan pilihan dalam membeli velg aftermarket. Velg aftermarket ini sangat cocok untuk berbagai macam merk mobil seperti BMW, Ford, Chevrolet, Honda, Mazda, Audi, dan lain sebagainya. Namun, harus diperhatikan juga untuk ukurannya ya sobat, karena setiap roda memiliki ukuran velg yang berbeda-beda.

Semoga informasi yang telah kami rangkum bisa bermanfaat untuk sobat semua. Terus up date info-info seputar otomotif jangan sampai terlewatkan ya.. Salam otomotif!

Back to top