Chat with us,powered by LiveChat

Blog

Latest Industry News

Tips Memilih Ban Mobil Dengan Benar

  • ban mobil
  • Komentar Dinonaktifkan pada Tips Memilih Ban Mobil Dengan Benar

Pemilik kendaraan pribadi memiliki tanggung jawab salah satunya adalah merawat ban. ban merupakan komponen yang di miliki oleh kendaraan dan di gunakan setiap hari maka ada kalanya ban harus di isi tekanan angin ataupun di ganti.

baca juga : Tips Merawat Ban mobil Dengan Tepat

Ada beberapa pertanyaan kenapa ban harus di rawat ? Dengan di rawatnya ban akan membuat ban menjadi awet dan menjaga keselamatan pengendara.

cara memilih ban mobilAkibat Ban Tidak Dipilih Dengan Benar
Memilih ban mobil dengan tidak benar bisa menyebabkan kecelakaan maut. Memang terlihat sepele akan tetapi itu adanya bukan menakut-nakuti dengan salahnya memilih ban dapat mengakibatkan ban oleng dan terjadi kecelakaan. Apalagi jika kondisi jalan tidak memadai atau kondisi jalan yang cukup curam dan tajam.

Tips Memilih Ban Mobil Dengan Benar
Ban mobil memang harus di pilih dengan teliti agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Jika kamu membeli ban lihat dulu takaran nya dan bagaimana produknya bagus atau sebaliknya.

Dikarenakan sangat penting dan kesalahan memilih ban dapat beresiko bagi keselamatan berkendara maka ada baiknya bagi kamu yang tidak mengetahui takaran ban ajaklah orang yang menurut anda berpengalaman dalam hal ban dan mengetahui merk ban yang berkualitas. Hemat boleh saja akan tetapi mengeluarkan uang lebih demi keselamatan berkendara itu yang paling utama.

Baca juga : Tips Mengganti Ban Mobil Bocor Dengan Benar

Inilah beberapa tips memilih ban mobil dengan benar:

#1 Setiap Ban Punya Tipe Berbeda
Setiap ban mempunyai tipe berbeda oleh karena itu jangan sampai kamu salah memilih tipe ban. Tipe ban sudha diukir pada bagian pintu tergantung jenis mobilnya ada juga yang di ukir dekat tutup tangki bahan bakar. Ban memiliki kode tipe dari ban mobil tersebut di terangkan dalam kombinasi kode tersebut.

Untuk contohnya , Apabila ada ban mobil diberi kode P215/55R17 93V, huruf ‘P’ merupakan kode yang diartikan sebagai Passenger. Makna dari Passenger adalah mobil tersebut memang didesain untuk mengangkut orang.

Sedangkan Untuk jenis lainnya ada tipe ban LT untuk Light Truck atau truk kecil yang bisa memuat barang.
Kemudian ada ST untuk Special Trailer dan T untuk Temporary yang diperuntukan kepada ban cadangan sehingga ban tersebut tidak bisa dipakai terus menerus.

#2 Ukuran Ban
Untuk mengetahui ukuran ban dengan detail, pemilik harus benar-benar mengetahui terlebih dahulu arti dari kode yang di ukir di permukaan samping ban mobil.
Berikut cara menerjamaahkan kode tersebut dan ternyata sangat mudah.

cara memilih ban mobilContoh, Apabila ada ban dengan kode 205/55 R 16 91 V, jadi angka 205 yang pertama menjelaskan tentang seberapa lebar telapak ban dalam hitungan satuan mm.

kemudian angka 55 bisa diartikan sebagai rasio ketebalan ban tersebut dalam persentasi atas lebar telapaknya.
R artinya radial. Ban kendaraan bermotor dibedakan atas beberapa kriteria. Ada ban berjenis tubetype (dengan ban dalam) dan jenis tubeless (tanpa ban dalam), adapun ban radial dan ban bias, yang dibedakan berdasarkan konstruksi dan bentuknya.

Dan angka 16 adalah informasi diameter velg yang tercantum dalam satuan inci.

91 merupakan indeks beban maksimum kendaraan.

V merupakan sebuah kode yang memberikan petunjuk dari batas kecepatan maksimum. Setiap ban mempunyai kode yang berbeda seperti halnya S, Q, H, Z, dan lainnya.

ukuran kode tersebut dapat di baca dengan sangat mudah. Apabila pada saat membeli mobil kamu harus pastikan dan tanyakan apa benar Spesifikasi bannya seperti itu.

#3 Ukuran Lebar Ban
Lebar ban mempunyai hubungan dengan performa dari kendaraan, semakin lebar maka daya cengkaram dan percepataan bisa semakin maksimal. Akan tetapi lebar ban dibatasi dengan ukuran velg kendaraan tersebut.

#4 Pola Ukiran Ban
Pentingnya pola ukiran ban di kendaraan ialah untuk memastikan layak tidaknya ban tersebut berada di kendaraan kamu.

Kenapa Pola Ukiran Ban Sangat Penting?
Pola ukiran ini penting untuk memperbesar gesekan antara ban dengan jalan.Apabila gesekannya kecil, Resiko yang di timbulkan adalah terpeleset atau tergelincir di jalan kemungkinannya akan lebih besar. Akibat terburuknya adalah bisa mengakibatkan kecelakaan.

Ban yang paling baik untuk saat ini adalah ban dengan alur V dikarenakan daya gaya gesekannya sangatlah tinggi.
Dengan ada nya dua musim di indonesia yang tekadang panas ataupun hujan yang membuat jalanan seringkali basah, dengan pola V ini bisa menjaga keseimbangan dan mempertahankan posisi ban kendaraan anda.

Ban dengan jenis ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal akan tetapi keamanannya sangat terjamin.

Sekarang ini banyak sekali oknum pengukir ban nakal. Berhati-hatilah karena oknum tersebut tidak menggunakan produk baru sehingga kualitasnya tidak baik.

Kamu bisa membayangkan apabila ban yang sudah tipis kemudian di ukir kembali itu sangat berbahaya karena ban sudah tipis dan tidak dapat menahan beban kendaraan.
Dengan kondisi seperti ini ada baiknya kamu langsung membeli di toko ban resmi di kota kamu.

#5 Ketebalan Dari Ban
ketebalan ban di angka 50 adalah ketebalan yang baik apalagi kamu memiliki ketebalan di atas 50 maka semakin tinggi keseimbangan dan performancenya.

Sebaliknya semakin tipis ban maka semakin buruk keseimbangan dan performancenya, Memang untuk kisaran harga ban yang profilnya tinggi sedikit lebih mahal, akan tetapi kualitas dan penggunaannya akan lebih terjamin.
Daripada kita sering ganti ban ada baiknya kita memilh ban yang harga tinggi tetepi mempunyai kualitas maksimal.

#6 Mengamati Tahun Pembuatan Ban
Sebagai orang yang kurang mengerti ban mungkin agak sedikit sulit untuk mengetahui kapan tahun dari pembuatan ban tersebut.

Bagaimana cara mengamatinya yuk kita bahas disini :
Pertama, kamu harus perhatikan kode ban. Di sana terdapat empat digit angka semisal kode 0613.Kode tersebut bisa di jelaskan menjadi angka 06 yang bermakna waktu dibuat ban tersebut di minggu keenam.

Kemudian, angka 13 menunjukkan tahun berapa ban itu diproduksi. Jadi, untuk kode 0613 artinya ban tersebut dibuat pada minggu ke–6 tahun 2013.

Adabaiknya kamu memilih ban dengan tahun pembuatan yang masih baru dikarenakan kualitas ban tersebut dipastikan masih bagus.
Demikain Tips cara memilih ban mobil dengan benar semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.

Back to top