""

Offset / ET adalah ukuran yang mewakili nilai ketebalan pantat velg yang langsung menempel kepada tromol pada roda mobil.

Diatas adalah gambar penampang melintang dari sebuah velg :
Perhitungan awal offset / ET=0 mm dihitung dari lebar velg dibagi 2 sama rata (Contoh gambar tengah Zero Offset)
Nilai offset yang semakin besar / + / Positive akan membuat pantat velg semakin kedepan (Contoh gambar kanan Positive Offset)
Sebaliknya nilai offset yang semakin kecil / – / Negative akan membuat pantat velg semakin ke belakang (Contoh gambar kiri Negative Offset)
semakin besar offset / ET maka bila dipasangkan ke mobil posisinya akan semakin kedalam fender, karena pantat velg semakin tipis.
Contohnya velg dengan offset 45 mm apabila dipasangkan pada mobil posisinya akan lebih masuk daripada velg dengan offset 25 mm, karena selisih jarak pantat velg ke tromol berbeda 20 mm.

Tetapi ada beberapa faktor yang harus diperhatikan, apabila velg dengan offset terlalu besar / Positive maka ada kemungkinan velg akan mentok dengan bagian dalam komponen mobil seperti spakbor dalam, batang shockbreaker, mangkok per atau yang lainnya dan juga sebaliknya apabila velg dengan offset terlalu kecil / Negative maka velg akan semakin keluar dari fender mobil dan bisa menyebabkan resiko velg menyentuh fender mobil pada saat digunakan.

Untuk menghindari terjadi masalah dan mendapatkan velg idaman sebaiknya anda harus konsultasikan terlebih dahulu dengan team Otomax.id | Sinar Otomax Indonesia, kami akan siap membantu anda.

%d bloggers like this: