Chat with us,powered by LiveChat

Blog

Latest Industry News

Melihat Sejarah Velg (Enkei) RPF1 !

Velg Mobil Enkei RPF1- Pertama kali dirilis pada Januari tahun 2002, RPF1 tersedia dalam ukuran ring 15,16, 17, 18, hingga 19. Pada tahun 2009 akhirnya mengeluarkan ukuran ring 14, dengan spek lebar 7 . Warna yang tersedia saat pertama kali keluar adalah yaitu warna silver, putih dan emas. Baru pada tahun 2005 keluarlah warna Matte Black (item doff), lalu selanjutnya pada 2009 muncul berbagai macam warna: hijau, biru, orange, dll. Di 2012 ini,warna baru nya lebih gokil: candy pink dan metallic blue. Semua warna asli melalui proses pengecatan powder coating.

Ide pembuatan RPF1 berasal dari spiritnya Enkei selaku supplier resmi velg F1 untuk Vodafone McLaren Mercedes Team. Konsepnya adalah gimana memproduksi sebuah velg dengan pakem yang sama dengan velg F1, tapi peruntukan street racing.   Ada yang menyebutnya singkatan dari Racing Protoype Formula 1, walaupun Enkei sendiri gak pernah nyebut begitu.

Melihat Sejarah Velg (Enkei) RPF1 !

Sejarah Velg Enkei RPF1

Sejarah Velg Enkei RPF1

 

  Ukuran ring Paling besar & paling kecil:Yaitu Ring 19 sampai ring 14

Desain: Klaimnya adalah F1 replica.Twin spokes (Enkei menyebutnya: Enkei’s dual open stance spoke design) nya merupakan turunan desain velg Enkei yang digunakan McLaren saat itu. Berdasarkan pengujian keras, desain ini terbukti tahan tekanan saat belokan kecepatan & suhu tinggi, serta berbagai kondisi racing ekstrim lainnya. Desain spoke itu jugalah yang memungkinkan pendinginan rem sangat maksimal, dibantu sistem pocket di lubang baut roda tengah velg juga bertujuan sama.  Bibir velg ‘lebih’ di outer rim dibuat untuk memberikan efek 3 dimensi secara visual. Kekurangan desainnya cuma 1: spoke yang tidak sampai ke bibir luar outer rim mengakibatkan RPF1 terlihat ring  kecil.

 RPF1 warna metallic blue, didesain untuk drifting

Light Weight vs High Rigidity. Dua hal yang bertentangan ini bisa diakurkan di RPF1. Dibandingkan dengan velg forged, Velg RPF1 jauh lebih kuat, dengan beda weight yang tipis. Ini yang paling penting : Performa! Jika awalnya velg RPF1 hanya difokuskan ke touring, sekarang ini atas permintaan akhirnya mulai membuat spek buat Drift.

Teknologi:

Menggunakan MAT khas Enkei (baca https://dejeautodistro.wordpress.com/2012/02/17/tentang-enkei/) untuk mengejar ringan dan kuat. Melalui standar Spec E (lebih durabilitas tinggi daripada JWL & VIA).

Ada 2 macam dop velg RPF1 yang tersedia (liat foto), yang dijual terpisah – Terkecuali R19 sudah included dop. Ring 15 tidak dirancang untuk memakai dop, jadi tidak bisa pake dop. Hanya R16, 17, 18, 19 yang bisa.

 Dop tipe low; bertuliskan Racing. Pemasangannya menggunakan baut.
Dop EnkPF1 tipe high; berbahan carbon background-nya

Velg  RPF1 memegang rekor velg Enkei paling ringan saat ini. Ring 15 nya berbobot 4,5kg, sedangkan yang ring 14 beratnya hanya sekitar 4kg. Yang paling berat adalah R19 lebar 10 inch; sekitar 9,6kg.

 

    Spek lengkap RPF1!

Jangan kuatir untuk mobil Eropa, Velg RPF1 juga tersedia dalam ukuran pcd 5×112 (Mercy), 5×120 (BMW), 5×108 (Volvo, Ford Focus), bahkan 4×98 (Alfa Romeo, Fiat). Karena itu,sudah enggak sabar juga nih pengen liat Euro sedan pake velg RPF! !!! 😀

 

Udah ada belom di Indo yang kaya gini?

Best seller Enkei selama 10 tahun terakhir! Sampai saat ini velg RPF1 merupakan velg ringan yang terkuat dan paling tinggi demand nya untuk circuit racing. Akibatnya: Produksi jalan terus dan semakin banyak; jadi gak langka deh….hehehe

Orisinalitas vs KW. Selayaknya semut dan gula, keluarlah replika velg RPF1, dari buatan lokal sampe buatan Taiwan. Yang replika kualitas paling bagus (made in Taiwan), malah cuma beda berat 0,5kg untuk R15 dibandingkan yang ori.  Yang paling banyak beredar di Indo adalah replika R15 dan R17; jadi ukuran di luar itu bisa jadi celah untuk pembeda. Tapi kalo mau pasti sih ikutin aja spek di tabel di atas, karena kebanyakan replika main di lebar dan ofset yang berbeda dengan yang ori. Oh iya, gak semua velg RPF1 Ori ada embos made in japan, kecuali R15. Saya sudah beberapa kali nemu R16 dan R17 yang tidak ada embos nya.

Concave  & Convex? Velg Enkei sendiri tidak pernah mengklaim telah memproduksi kedua tipe tampilan velg tersebut. Tapi berdasarkan permainan kombinasi lebar dan ofset, maka bisa didapat ke-2 jenis itu. Tinggal pinter-pinternya kita aja kok.

Ini baru gokil! Velg depan S2K ini cenderung lebih terlihat convex, velg belakangnya terlihat sangat concave! Foto: Evan    Perkembangan selanjutnya, Enkei mengembangkan velg RPF1 Type II (hanya tersedia dalam ukuran ring 15, 16, dan17) dan velg RPF1 RC yang berkonstruksi

Back to top