Otomax Inilah 6 Tips Untuk Merawat Ban Mobil, Ban pada mobil, mungkin terkesan sederhana bagian pada mobil tersebut, tapi percaya atau tidak ban cukup mengambil peran besar juga baik dalam hal keselamatan, kenyamanan dan penampilan mobil anda.

Karena ban mobil adalah bagian mobil yang berinteraksi langsung dengan jalan, sehingga bagian tersebut adalah salah satu penentu kelancaran berkendara anda. Di jaman sekarang ini, merek ban sangat banyak dan bervariasi, butuh kecermatan dalam penentuan ban apa yang akan anda gunakan pada kendaraan mobil anda.

Inilah 6 Tips Untuk Merawat Ban Mobil. Walaupun itu merek ban lokal maupun import, kami yakin anda dapat menyadari dan memilih ban sesuai dengan kebutuhan anda tanpa menghilangkan nilai keselamatan, kenyamanan dan tentu juga penampilan mobil anda.

Kali ini saya ingin memberikan tips cara perawatan ban pada mobil anda, sebagus apapun ban anda, tanpa perawatan dalam jangka waktu tertentu akan dapat memperpendek umur ban dan terlebih akan membahayakan anda sebagai pengendara.

Berikut Adalah 6 Tips Untuk Merawat Ban Mobil :
1. Jenis dan ukuran ban yang tepat.
Minta rekomendasi jenis ban yang sesuai dengan gaya mengemudi Anda. Pastikan juga ban yang digunakan sesuai dengan ukuran dan indeks ban yang dianjurkan untuk kendaraan Anda.

2. Tekanan angin pada ban.
Periksa tekanan angin minimal satu bulan sekali. Tekanan angin yang kurang akan sangat berbahaya karena dapat membahayakan kerusakan fatal pada ban Anda. Tekanan angin yang berlebihan dapat menyebabkan keausan yang tidak rata dan berpengaruh pada saat pengendalian dan pengereman.

3.Rotasi.
Ban perlu dirotasi untuk mencegah keausan yang tidak merata, dan juga untuk memperpanjang umur pemakaian ban Anda. Lakukan rotasi setiap 7,500 – 10,000 km.

4. Balancing.
Ban perlu di balancing untuk mencegah guncangan dan getaran pada saat mengemudi serta keausan yang tidak merata. Balancing dilakukan setiap penggantian ban baru, melakukan rotasi ban bergetar, atau jika ban bergetar pada saat mencapai kecepatan tertentu.

5. Spooring.
Kenaraan Anda perlu spooring berkala untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Spooring dilakukan setiap melakukan rotasi ban, atau jika terjadi gejala-gejala seperti: kemudian mobil menarikkearah kanan atau kiri pada saat berkendara, dan ban aus sebelah atau tidak rata.

6. Penggantian ban baru.
Terdapat TWI (Tread Wear Indicator) pada alur telapak ban. Jika telapak ban sudah menyentuh bagian TWI, maka menunjukan bahwa ban sudah saatnya untuk diganti. Ltak TWI pada ban ditunjukan dengan tanda segitiga pada dinding samping ban.

%d bloggers like this: