Chat with us,powered by LiveChat
Download aplikasi×

Blog

Latest Industry News

Empat Cara Yang Tepat Mengganti Velg Mobilio Dan Ban Yang Berukuran Besar

  • Velg mobilio
  • Komentar Dinonaktifkan pada Empat Cara Yang Tepat Mengganti Velg Mobilio Dan Ban Yang Berukuran Besar

Velg mobilio- Mengganti velg dan ban mobil kesayangan anda dengan menggunakan velg dan ban yang berukuran lebih besar kini telah menjadi tren di masyarakat. Penggunaan dua perangkat anyar itu tak hanya dianggap menjadi pengendalian mobil lebih mantap juga dapat menjadikan tampilan mobil lebih mewah.

Terlebih bila velg dan ban yang digunakan berbanderol mahal dengan desain apik. Ban yang berukuran lebih besar, permukaan nya yang bersentuhan dengan lintasan yang lebih banyak dilalui sehingga pengendalian mobil lebih mantap. Tampilan nya pun akan mnjadi lebih gagah.

Velg mobilio

Velg mobilio

Namun, kenyamanan dan tampilan gagah itu hanya diperoleh bila pemilihan velg dan ban yang tepat. Begitu pun dengan cara pemasangannya. Bila ukuran velg atau ban yang digunakan tidak sesuai jenis dan tenaga mobil, justeru akan menjadi persoalan.

Selain mobil bertambah berat juga boros bahan bakar. Selain itu ban juga akan cepat aus.
Lantas apa saja yang perlu diperhatikan? Bagaimana pemasangan yang benar? Berikut ini tips dari kami:

Empat Cara Yang Tepat Menganti Velg Dan Ban Mobilio

 

1. Sesuaikan ukuran ban dengan tenaga

 

Sebelum memilih velg dan ban yang akan dipasang perhatikan rekomendasi dari pabrikan. Biasanya, produsen menyarankan agar ban pengganti memiliki ukuran yang lebih besar tidak melebihi 2 inci dari ukuran standar pabrik.

Tetapi seringkali dalam modifikasi, para modifikator menggunakan ban yang lebih besar 4 inci atau 4 tingkat dari standarnya.

Hal itu bisa saja terjadi bila spakbor atau fender masih memungkinkan, sehingga ban tidak mentok atau membentuk dinding bodi mobil anda. Bahkan, pada modifikasi ekstrim modifikator memangkas bagian dalam bodi yang berada persis diatas ban.

Namun, itu biasanya hanya untuk gaya modifikasi velg mobil  chopper dengan penggunaan ban pipih atau flat tyre.
Itu pun sebenarnya tidak sesuai dengan jalanan Indonesia yang karakternya bergelombang atau berlubang. Selain ban akan kerap mentok ke dinding bodi di bagian atas ban juga menimbulkan kebisingan di ruang kabin.

Namun, satu hal yang dapat diingat adalah menyesuaikan besar ukuran ban tersebut dengan tenaga mobil anda. Bila mobil 1.000 – 1.500 cc sebaik nya jangan menggunakan ukuran yang lebih besar dari dua tingkat lebih. Pasalnya pengendalian mobil bertambah berat dan boros bahan bakar.

2. memilih velg mobilio

 

Di dunia modifikasi dikenal istilah plus one, two atau three. Artinya, penambahan mengganti ukuran velg yang bertambah satu inci, dua inci, atau tiga inci.

Hasil pengujian sebuah majalah otomotif yang sangat kerap dijadikan acuan industri otomotif dunia, yaitu adalah Consumer Report yang menyebut ukuran yang paling ideal adalah plus one. Artinya, bila ukuran velg sebelumnya 15 atau 16 inci dan seterusnya, maka ukuran velg yang ideal untuk dipilih adalah 16 atau 17 inci dan seterusnya yang bertambah satu inci.

Penambahan hingga dua tidak dapat disarankan. Pasalnya, selain daya cengkeram yang ditimbulkan kecil, hydroplaning resistance maupun traksi juga kecil. Dengan kata lain, penmbahan terlalu besar dari ukuran standar tidak selamanya bagus.

Bahkan untuk mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) penambahan ukuran itu tidak dapat disarankan. Kecuali jika produsen mobil memberikan rekomendasi boleh dilakukan tambahan ukuran velg.

3. Sesuaikan ketebalan dan lebar ban dengan velg

 

Hal lain yang patut diingat adalah setiap penambahan ukuran velg 1 inci, maka tebal ban harus dikurangi 5-10 persen dari ukuran standar. Adapun lebar tapak ban harus berkurang 10 milimeter.

Bila tidak paham berapa ketebalan ban dan diameternya tanyakan ke petugas atau service advisor bengkel tempat ganti ban.
Jangan lupa, untuk memastikan bahwa speed rating atau tingkat kecepatan dan load rating ban baru lebih tinggi dari ban standar sebelum nya. Bila anda tidak memahami berapa ukuran keduanya sebaik nya anda tanya kan ke petugas bengkel dan Pastikan ukuran itu lebih besar dibanding ban sebelumnya.

Namun sebagai pedoman, agar anda tidak dikelabui petugas nakal berikut ini ada sedikit tentang keterangan ukuran ban. Anda bisa melihatnya di bagian dinding ban, disitu biasanya selain nama merek ban juga terdapat deretan angka dan huruf.

Misalnya, P 225/70/R16 90H. Huruf P artinya ban tersebut adalah untuk mobil penumpang (Passenger = P), angka 70 adalah rasio antara lebar dan tinggi dinding ban, huruf R artinya ban tersebut adalah ban radial.

Bila semua telah sesuai dengan ketentuan dan keinginan anda, pastikan pola baut velg tersebut sesuai dengan yang ada di mobil Anda. Bila tidak maka sebaik nya anda lupakan, meski bengkel tersebut mengatakan bisa diakali dengan adaptar.
Pasalnya, hal itu sangat bersiko ketika mobil dikendarai dan melaju kencang, karena baut berpotensi kendor. Akibatnya bisa Anda bayangkan.

4. Ganti shock dan tambahi anti roll bar

 

Bila Anda menginginkan hasil yang lebih maksimal dan memuaskan sebaik nya anda mengganti shock dan spring dengan ukuran lebih pendek. Sebab, fakta selama ini menunjukkan semakin rendah kendaraan maka pengendalian juga semakin mantap.

Kenyamanan pengemudi dan penumpang akan semakin lengkap bila ditambahkan perangkat anti roll bar. Peran ini dipasang pada sistem atau suspensi roda depan yang berfungsi untuk menyeimbangkan seluruh bagian roda mobil anda karna di akibat kan beban yang tidak merata pada saat mobil menikung atau berputar.

Walhasil, mobil terhindar dari risiko terguling. Penumpang pun akan tetap merasakan duduk manis dan nyaman di bangku dan tidak akan merasakan guncangan seperti pada saat dilempar ke kanan atau ke kiri saat mobil bermanuver di tikungan atau saat berputar. Pun di saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Back to top