Chat with us,powered by LiveChat

Blog

Latest Industry News

Cara Merawat Mobil Matic Dengan Mudah

  • Mobil
  • Komentar Dinonaktifkan pada Cara Merawat Mobil Matic Dengan Mudah

Cara Merawat Mobil Matic – Mobil matic di era sekarang ini banyak sekali peminatnya karena mudah dan nyaman untuk di kendarai. Akan tetapi sama dengan hal nya mobil manual mobil matic pun harus dirawat dengan baik supaya tetap prima.

Cara Merawat Mobil Matic

Berikut ini cara merawat mobil matic agar tetap prima sehingga kamu bisa menghemat biaya perawatan mobil matic.

Mobil Matic

Sudah dijelaskan di atas bahwa peminat mobil metic sangat tinggi dibandingkan dengan mobil manual. Menggunakan mobil matic sangat mudah dan simpel, Apalagi digunakan di kota besar yang notabene tingkat kemacetannya sangat tinggi.

Tetapi salah satu kerugian dari mobil matic adalah harga jualnya yang lebih mahal dari pada mobil manual. Perawatannya pun lebih mahal dari pada mobil manual, Apalagi ada pergantian komponen mesin yang rusak.
Maka untuk menghindarinya sebagai pemilik mobil kamu harus merawatnya dengan baik sehingga mobil awet dan tahan lama.

Perawatan Mobil Matic

Ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar kualitas mobil metic kamu terjaga. berikut beberapa tips sederhana dalam merawat mobil matic.

#1 Panaskan Mesin Mobil Sebelum Mulai Berkendara

Berikut yang harus diperhatikan, Jika sedang di kejar waktu biasanya para pemilik mobil suka meninggalkan ritual memanaskan mesin mobil.

Ingat memanaskan mesin mobil berguna sekali untuk menyesuaikan suhu udara dalam mesin. Seluruh komponen mesin diberikan sirkulasi oli secara merata ketika kamu memanaskan mesin mobil. Memanaskan mesin mobil pun harus dilakukan dengan benar.

Jangan terlalu lama memanaskan mesin cukup 2 – 3 menit saja tanpa menyalakan AC agar bahan bakar tidak terbuang dengan percuma.

pada saat memanaskan mesin mobil anda tidak perlu menginjak gas terlalu dalam dan pastikan bahwa transmisi berada dalam posisi netral. Jangan menginjak gas terlalu dalam disebabkan akan mengeluarkan suara yang bising,.
Apalagi kalau kamu tinggal di sebuah komplek perumahan.Kamu bisa menyalakan AC jika kenerja mesin sudah stabil dan kendaraan siap di jalankan

#2 Penggunaan Persneling

Menetukan keawetan kinerja mobil juga harus di lihat dari penggunaan perseneling yang benar. Jangan pindahkan persneling ke posisi P apabila mesin mobil kamu sedang dalam posisi menyala dan tidak berhenti contohnya ketika mobil ada dalam keadaan macet .

Pindahkan persneling ke posisi N ( netral )dan gunakan rem tangan untuk menjaga komponen persneling kamu tetap awet dan tidak cepat rusak.

contoh lainnya Misal kamu ingin melakukan parkir, jangan pernah pindahkan posisi persneling kamu di “D” lalu kamu mematikan mesin kendaraan. Pindahkan tuas persneling ke posisi “P” pada waktu mobil kamu sedang parkir.

#3 Memperhatikan Kinerja Mobil

Kamu sebagai pemilik mobil haruslah peka terhadap keadaan mobil kamu, Pastinya akan ada tanda tanda awal kika mesin mobil kamu mengalami kerusakan. Mobil tidak seimbang apabila dikendarai dengan kecepatan tinggi, Bunyi mesin kasar, dan persneling mengeluarkan hentakan.

Segera bawa mobil matic kamu ke bengkel untuk di perbaiki apabila menunjukan beberapa tanda seperti diatas.
Selain harga perbaikan yang mahal hal tersebut akan membahayakan pengemudi dan penumpang apabila di biarkan terlalu lama.

#4 Servis Berkala

Service berkala merupajan hal yang wajib dilakukan apapun jenis mobil kamu. pastikan bahwa mobil matic kamu selalu prima.

Setelah diberi buku panduan awal ketika anda membeli mobil biasanya ada jadwal untuk service berkalanya. dengan adanya service berkala maka kinerja mesin dan apabila ada masalah dalam mesin akan terpantau.

#5 Penggantian Oli

Untuk mengurangi gesekan antar komponen maka mesin membutuhkan Oli, Selain itu Oli juga berguna sebagai pencegah karat. Pembersih kotoran yang ada di mesin dan pendingin mesin.
Oli sangat penting untuk mesin mobil kamu maka dari itu gantilah oli secara berkala agar mesin mobil kamu tetap awet.

Jika mobil kamu telah berjalan sebanyak 25000 – 50000 kilo meter sebaiknya oli mesin segera diganti. Dan jika mobil kamu terkena banjir segera lah mengganti oli transmisi karena kemungkinan besarnya air masuk ke bagian gearbox mesin.

Untuk jenis oli jangan sembarang memilih, Harus disesuaikan dengan tipe mobil dan kebutuhan mobil kamu. Yang terpenting adalah gantilah oli mesin mobil kamu secara berkala.

Demikan tips cara merawat mobil matic, Semoga bermanfat dan bisa digunakan dengan baik terimakasih

Back to top