Berikut 5 Cara Memilih Velg Mobil Bekas

Berikut 5 Cara Memilih Velg Mobil Bekas
Pilihan tidak tidak jarang kali dijatuhkan pada velg baru saat hendak mengubah velg. Velg mobil bekas juga dapat menjadi pilihan bagus dari sisi harga. Apalagi bila desain velg memang telah lama jadi incaran, semakin lengkap. Namun begitu, tetap mesti seksama dalam memilih velg mobil bekas. Untuk tersebut ada sejumlah hal yang perlu diamati saat hendak membeli pelek mobil bekas.

memilih velg mobil bekas

5 Cara memilih velg mobil bekas
Setidaknya terdapat 5 urusan yang perlu diacuhkan saat hendak membeli velg mobil bekas, yakni ukuran velg, bibir velg, lubang baut, cat, dan bekas bubutan. Berikut penjelasan setiap aspek secara lengkap:

Ukuran
Risiko velg pecah berbanding lurus dengan diameter velg. Semakin besar diameternya, semakin tinggi risiko pecah. Memilih velg mobil bekas dengan ukuran diameter di atas 2 inci dari ukuran standar sangat tidak dianjurkan bila mobil dipakai untuk kebutuhan harian.

Bibir velg
Hindari melakukan pembelian velg mobil bekas yang terdapat benjolan/peyang dan pecah di unsur bibirnya. Lepaskan dulu ban andai masih terpasang di velg supaya bisa dicek lebih teliti. Untuk memahami dari kondisinya, velg dapat ditaruh di atas kaca. Jika terdapat bagian yang bergelombang atau pernah diperbaiki, bakal tampak celah salah satu kaca dengan velg. Penggunaan mesin balancing dianjurkan untuk memperbaiki benjolan pada bibir velg yang tidak kasatmata.

Velg yang benjol/peyang bakal mengganggu kenyamanan berkendara. Jika masih memilih velg mobil bekas yang peyang, bawalah ke bengkel velg guna di-press.

memilih velg mobil bekas

Lubang baut (PCD)
Jarak antar lubang baut dapat berubah sebab dimodifikasi. Lubang lama seringkali dicor kemudian pengeboran dilaksanakan untuk menciptakan lubang baru. Proses penutupan lubang lama (cor) dapat membuat velg mobil tidak lurus. Di samping itu, material cor dengan material velg tidak dapat menyatu kuat. Ini dapat berbahaya. Sebaiknya hindari melakukan pembelian velg mobil bekas yang telah pernah dimodifikasi.

Cat
Memeriksa cat pun perlu. Jika mengharuskan pilihlah sebuah velg mobil yang warna catnya masih benar benar asli. Apabila velg dilapisi krom, warnanya lebih mengkilap daripada krom polesan. Kalaupun velg telah dicat, pastikan warnanya merata cocok dengan warna asli. Velg yang telah pernah dicat ulang atau belum dapat disaksikan melalui cetakan brand yang ada pada velg.

Tidak terdapat masalah bila hendak memilih pelek yang pernah dicat ulang. Yang butuh diwaspadai, dapat jadi velg pernah bobrok sehingga mesti dicat ulang.

Garis-garis bekas bubutan
Sebaiknya hindari melakukan pembelian velg mobil seken yang mempunyai garis-garis bekas bubutan. Garis-garis ini menunjukkan bila velg pernah peyang atau bengkok. Sebab velg bengkok atau peyang dapat di atasi dengan teknik dibubut. Setiap proses bubutan tentu meninggalkan garis-garis semacam itu.

Garis-garis ini pun perlu disaksikan di unsur offset. Offset yang telah pernah dibubut, ukurannya tidak lagi cocok aslinya.

Memilih velg mobil bekas, teliti sebelum membeli
Teliti sebelum membeli, kiranya saran itu berlaku saat hendak membeli produk apapun. Soal velg, risikonya bahkan lebih tinggi bila salah memilih. Jangan sampai hendak dapat harga murah dengan desain cocok keinginan, jadinya malah riskan untuk ketenteraman berkendara.

%d bloggers like this: